Locations of visitors to this page APKLI: PKL SE INDONESIA : MUNAS DENGAN TEMA TIDAK MAU JADI ANAK TIRI

Rabu, 16 Maret 2011

PKL SE INDONESIA : MUNAS DENGAN TEMA TIDAK MAU JADI ANAK TIRI

APKLI

PKL Se-Indonesia Tak Mau Dianaktirikan
Orin Basuki |


Orin Basuki Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa Menghadiri Musyawarah Nasional IV Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) di Gedung Java Design Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2011). Tema Munas APKLI kali ini adalah Bangkitlah Peran PKL dalam Ekonomi Nasional. Sekitar 400 pedagang asal Aceh hingga Papua hadir dalam perhelatan ini.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) IV Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), sebuah forum yang diharapkan mampu membangkitkan peran pedagang kaki lima dalam perekonomian Indonesia.
Pedagang kaki lima (PKL) meminta tidak dijadikan anak tiri dalam perekonomian. ”Pedagang kaki lima bisa bayar kredit usaha dari rentenir meski bunganya 50 persen, bandingkan dengan pengusaha besar yang manja, mendapatkan pinjaman dengan biaya rendah. PKL bukan kelompok manja,” ujar Ketua Umum APKLI Rahmat Rifai Abdullah di Gedung Java Design Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2011).
Tema Munas APKLI kali ini adalah ”Bangkitlah Peran PKL dalam Ekonomi Nasional”. Ketua Pelaksana Munas IV APKLI Nasiman mengatakan, peserta Munas APKLI terdiri atas 25 pimpinan wilayah di Indonesia dan 200 pimpinan daerah kabupaten APKLI. Dengan demikian, total peserta 400 orang.
”Baru kali ini Munas PKL dihadiri anggota kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, dimotori Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Urusan Koperasi dan UKM (Syarifuddin Hasan). Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua DPD Erman Gusman),” ujar Rahmat Rifai.
Beberapa spanduk menunjukkan keinginan peserta Munas, antara lain spanduk Jamsostek yang berbunyi ”Kini Saatnya Pedagang Kaki Lima Dilindungi Program Jamsostek”. Ketua Umum APKLI Rahmat Rifai Abdullah mengatakan, PKL ada di seluruh Indonesia. Namun, pemerintah kerap tidak mengakui PKL, kerap ditertibkan. Itu karena PKL dianggap membuat kota menjadi kumuh. ”Akibatnya, banyak yang digusur. Saya mengaku salah, tapi PKL juga adalah warga negara. Tapi kami tidak pernah diakui, tidak ada undang-undang yang mengatur PKL. Saya sedih dan prihatin,” ujarnya.
Semangat masih diberikan oleh Menteri Urusan Koperasi dan UKM Syarifuddin Hassan. Menteri Urusan Koperasi dan UKM meminta APKLI mendukung upaya pembuatan undang-undang PKL.
Sementara ini, Undang-Undang Koperasi dan UKM menyebutkan klausul yang menyebutkan PKL, meskipun hanya beberapa pasal. Sekarang sudah ada Keputusan Bersama Tiga Menteri Mendagri, Menteri Perdagangan, dan Menteri Koperasi dan UKM, dalam waktu tidak lama akan ada payung hukum untuk PKL. Sebelumnya, PKL masih diberlakukan sebagai anak tiri.
”Jangan ikut-ikutan demonstrasi dengan pedagang lain karena APKLI itu bukan organisasi politik, tetapi organisasi profesi,” katanya.


Munas Pedagang Kaki Lima di Semarang

Kota Semarang, Jawa Tengah, akan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), yang berlangsung 11-13 Maret 2011.

Munas APKLI itu akan dihadiri pengurus di tingkat pusat maupun dari 33 provinsi se-Indonesia. Ketua APKLI Provinsi Jawa Tengah Lasiman, Rabu (2/3), mengabarkan, Munas APKL itu mengusung tema besar ”Bangkitkan Peran PKL dalam Ekonomi Nasional”. Munas ini memiliki arti penting untuk merumuskan program kepada pemerintah.

PKL di Indonesia diperkirakan mencapai 20 juta orang. Dalam lima tahun terakhir, mereka berkembang pesat dengan tingkat pertumbuhan PKL rata-rata 7-10 persen, dengan fokus usaha paling dominan adalah sektor makanan dan minuman.

Adapun pengurus yang akan hadir dalam munas di Semarang ialah Ketua Umum APKLI Achmad Syafii serta pejabat di kementerian yang membina sektor usaha informal termasuk usaha PKL.


Munas Pedagang Kaki Lima di Semarang

Munas Pedagang Kaki Lima di Semarang

Kota Semarang, Jawa Tengah, akan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), yang berlangsung 11-13 Maret 2011.

Munas APKLI itu akan dihadiri pengurus di tingkat pusat maupun dari 33 provinsi se-Indonesia. Ketua APKLI Provinsi Jawa Tengah Lasiman, Rabu (2/3), mengabarkan, Munas APKL itu mengusung tema besar ”Bangkitkan Peran PKL dalam Ekonomi Nasional”. Munas ini memiliki arti penting untuk merumuskan program kepada pemerintah.

PKL di Indonesia diperkirakan mencapai 20 juta orang. Dalam lima tahun terakhir, mereka berkembang pesat dengan tingkat pertumbuhan PKL rata-rata 7-10 persen, dengan fokus usaha paling dominan adalah sektor makanan dan minuman.

Adapun pengurus yang akan hadir dalam munas di Semarang ialah Ketua Umum APKLI Achmad Syafii serta pejabat di kementerian yang membina sektor usaha informal termasuk usaha PKL.

USAHA KECIL DAN MENENGAH
Cara Kendari Memuliakan PKL

Udara terasa cukup gerah ketika Wa Ifah (32) duduk menjaga dagangannya, singkong mentah yang dijual Rp 10.000 per paket, sekitar lima batang. Wa Ifah menjadi salah satu dari 1.000-an pedagang kaki lima atau PKL yang menempati pasar baru khusus PKL di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Inilah hari pertama Wa Ifah menikmati berakhirnya stigma bahwa PKL seperti dirinya adalah penyebab kekumuhan dan kesemrawutan kota.

Itu adalah hari pertama pasar khusus tersebut dioperasikan pada 16 Desember 2010. Karena khusus untuk PKL, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menamainya sebagai supermarket PKL pertama di Kendari, bahkan bisa jadi di Indonesia.

Sebelumnya, Wa Ifah berjualan di pasar sore beralaskan selembar karung plastik sebagai pengganti meja lapak yang tidak terbeli bagi singkong-singkongnya itu. Jika tidak hujan, Wa Ifah bisa saja berjualan hingga malam. Namun, kalau hujan turun, dia harus rela menutup dagangannya lebih cepat dan, tentu saja, dengan penghasilan yang lebih sedikit.

”Sekarang saya dapat lapak baru, setidaknya tidak perlu khawatir kehujanan dan kena penertiban,” ujarnya.

Wa Ifah duduk di atas lapak kayu yang dibuat apik dengan tinggi (dari permukaan lantai) sekitar 75 sentimeter dan panjang sekitar 1 meter. Total lapak Wa Ifah adalah sekitar 1 meter persegi yang disusun tanpa pembatas dengan pedagang lainnya.

Begitu juga Ratnawati yang ada di lapak sebelah Wa Ifah. Lapak ini dilengkapi lemari di bagian bawahnya sehingga ketika pasar tutup, barang dagangan Wa Ifah dan Ratnawati bisa disimpan di dalamnya dan dikunci gembok.

Bagi Ratnawati, semua fasilitas pasar sudah lengkap, kecuali fasilitas toilet yang belum ada. Dengan itu saja, dia sudah bersyukur karena setidaknya sayur-sayuran yang dia jual bisa disajikan di tempat yang jauh lebih layak dibandingkan ketika dia masih berjualan di pasar sore.

”Fasilitas toilet ini sepertinya sepele, Mas. Tapi, bayangkan kalau saya harus buang air tiga kali sehari dan harus membayar toilet sampai Rp 1.500, itu sama nilainya dengan harga jual kangkung saya ini,” tuturnya banyak harap.

Untuk menarik semua PKL di Kendari masuk ke supermarket PKL tersebut, pemerintah kota membebaskan pedagang dari iuran. Namun, itu hanya untuk dua bulan pertama. Mulai bulan ketiga, para pedagang akan dipungut iuran yang nilainya belum ditetapkan. Berapa pun iuran yang ditarik bukan untuk mengembalikan investasi pemerintah kota, melainkan sekadar untuk membiayai pemeliharaan sehari-hari.

Ada 1.084 PKL yang ditampung di pasar ini. Untuk memberikan manfaat kepada begitu banyak PKL, Pemkot Kendari harus menginvestasikan dana murni daerah plus bantuan pusat sebesar Rp 14,64 miliar. Itu pun harus dicicil selama tiga tahun.

Asrun, Wali Kota Kendari, menegaskan, program pembangunan pasar PKL ini memang menjadi prioritasnya untuk mengurangi kekumuhan kota. Namun, niat mengurangi kekumuhan tersebut sebisa mungkin tidak menyengsarakan para PKL. Artinya, jangan ada penggusuran tanpa solusi yang sehat berupa tempat berjualan yang pasti. Atau, jangan sampai ada tempat pengganti, tetapi tidak ada pembelinya.

”Atas dasar itulah, kami memilih tempat ini (di Kelurahan Tobuuha, Kendari). Semua angkutan umum melalui pasar ini. Fasilitas listrik kami pastikan tersedia sehingga berjualan hingga malam hari pun memungkinkan. Kami bangun pasar yang layak dengan bangunan permanen, beratap bagus, sehingga pedagang tidak perlu khawatir kehujanan. Dengan demikian, pedagang tetap berjualan dan kota tertata rapi,” tuturnya.

Bangunan pasar PKL ini pun dibuat dengan lahan parkir luas. Di bagian tengah bangunan itu disediakan jalan yang cukup lebar untuk dilalui truk-truk pengangkut barang.

Bukan hanya fasilitas fisik yang disiapkan, pemerintah kota juga memikirkan modal yang diperlukan setiap pedagang. Pendanaan ini termasuk yang dipikirkan karena semua PKL adalah masyarakat berekonomi lemah yang tidak memiliki aset apa pun untuk dijadikan agunan ke sumber pendanaan, termasuk perbankan.

Untuk itu, Pemkot Kendari membuka Kantor Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk kredit mikro. Para PKL yang tidak bankable (karena tidak memiliki aset sebagai agunan kredit) dan dokumen penunjang kredit, kini dapat memperoleh pinjaman sebesar Rp 500.000 hingga Rp 5 juta per orang.

Persyaratan kreditnya pun sangat sederhana. ”Yang penting punya KTP (kartu tanda penduduk) Kendari, tanpa perlu menyusun proposal dan tidak membutuhkan agunan, yang penting punya usaha yang riil. Mereka bisa mengajukan kredit kepada kami,” tandas Asrun.

Satu-satunya lembaga pengawasan dalam pengucuran kredit modal PKL ini adalah kewajiban bagi calon peminjam untuk membentuk kelompok pedagang. Oleh karena itu, agar dapat meminjam, para calon debitor kecil ini harus membentuk kelompok yang terdiri atas lima orang.

Seperti kredit ala Grameen Bank di Banglades yang dikembangkan oleh peraih hadiah Nobel, Muhammad Yunus, pinjaman sengaja lebih diprioritaskan untuk kalangan perempuan. Hal itu karena sekitar 90 persen PKL di pasar baru itu memang perempuan.

”Apalagi, pada kenyataannya perempuan itu lebih bertanggung jawab kepada keluarganya,” ujar Asrun.

Pedagang pun diperbolehkan meminjam lebih dari Rp 5 juta, dan BLUD akan mengalihkannya kepada kredit usaha rakyat (KUR) atau bank perkreditan rakyat (BPR) yang dibangun oleh pemerintah provinsi. ”Kami hanya menjembatani nasabah-nasabah yang tak tersentuh KUR,” ujarnya.

Bagi masyarakat yang termasuk kelompok ekonomi menengah ke atas, uang Rp 500.000 bisa jadi jumlah yang tidak berarti. Namun, bagi orang seperti Wa Ifah dan Ratnawati, uang sejumlah itu bisa dijadikan modal usaha yang terus diputar. Untuk mengisi lapak sayurnya secara penuh saja, Ratnawati memperkirakan butuh modal tak sampai Rp 500.000.

Hatta Rajasa menilai, inisiatif Pemkot Kendari dalam membangun pasar PKL sebaiknya menginspirasi pemerintah daerah lain dalam memanusiakan PKL. Pemerintah pusat akan mendukung di belakang dengan menyiapkan pendanaan buat para pengusaha kecil.

”Sampai saat ini PKL masih sering diasosiasikan sebagai pihak yang termarjinalkan. Diusir tanpa diberi solusi. Padahal, mereka juga ingin naik statusnya sebagai pedagang formal. Ini yang harus difasilitasi. Dari pemerintah pusat, kami sudah menyiapkan pembiayaan lewat KUR,” tutur Hatta saat meresmikan pasar PKL Kendari itu.

Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam juga berniat menularkan inisiatif pembangunan pasar PKL ini ke kabupaten dan kota lain di provinsi itu. Pasalnya, kebutuhan pasar di Sultra sendiri masih belum terpenuhi. Sultra memiliki 12 kabupaten, 194 kecamatan, 345 kelurahan, dan 1.612 desa. Namun, tidak semua daerah memiliki pasar yang memadai.

Kisah pasar PKL ini seharusnya menyadarkan semua orang bahwa efek berganda dari dana sebesar Rp 14,64 miliar terhadap perekonomian masyarakat kecil termasuk luar biasa. Bayangkan juga jika dana sebesar itu hilang dikorupsi. Sebagai pembanding, jika dana yang dicurigai digelapkan Gayus Tambunan mencapai Rp 25 miliar, tentu dana tersebut bisa membangun pasar yang lebih besar dibandingkan supermarket PKL di Kendari itu....

Kawasan Hijau
Penertiban PKL Berakhir Ricuh

Penertiban pedagang kaki lima yang biasa berjualan di bantaran Sungai Mahakam depan Pasar Pagi, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (17/1/2011), berakhir ricuh. Tim gabungan Satuan Polisi Pamong Praja dan Polri setempat bentrok dengan kalangan mahasiswa yang menamakan diri Geram saat pembongkaran lapak berlangsung.

Seorang anggota satpol PP dan seorang mahasiswa terluka. Namun, kericuhan itu bisa segera diatasi. Polisi menahan lima orang yang dinilai berperan dalam aksi penolakan pedagang terhadap pembongkaran itu.

Pembongkaran dilakukan sebab area itu akan dijadikan kawasan hijau oleh pemerintah. Pembongkaran sudah berkali-kali dilaksanakan kurun lima tahun ini.

PENERTIBAN
Pemkot Surabaya Pidanakan PKL
Jumat, 17 Desember 2010 | 06:34 WIB

Pemerintah Kota Surabaya berencana melaporkan pedagang kaki lima ke polisi mulai tahun 2011. Pelaporan dilakukan terhadap mereka yang berdagang di lokasi terlarang, terutama sekitar Keputran dengan kategori tindak pidana ringan.

Kepala Satpol PP Surabaya Arief Boediarto mengatakan, PKL di sekitar Keputran sudah berkali-kali diingatkan akan ditertibkan. Setelah penertiban massal pada Mei 2010, Satpol sudah dua kali menggusur PKL dari Kayoon sisi selatan menuju Pasar Keputran.

Penertiban kedua dilakukan Kamis (16/12) sore. ”Kami sudah terus menyosialisasikan, tolong berdagang di tempat yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Kemarin, Satpol PP tidak lagi memperingatkan pedagang. Sebanyak 250 anggota Satpol PP Surabaya mengangkut lapak pedagang ke Satpol PP. ”Mereka berdagang di jalan yang sudah difungsikan kembali dan sempadan kali yang sudah dijadikan taman. Sebagian tanaman di taman rusak karena aktivitas PKL di taman,” kata Arie

Selama pengangkutan lapak, Jalan Kayoon sisi selatan ditutup. Polisi dan Satpol PP yang berjaga di sekitar jalan itu hanya mengizinkan pedagang resmi Pasar Keputran melalui jalan itu. ”Dinas Perhubungan sudah memfungsikan jalan ini secara normal. Fungsi itu tidak bisa berjalan normal karena di tepi jalan banyak lapak PKL,” tuturnya.

Selain di Kayoon, Satpol PP juga menertibkan PKL di Jalan Karimun Jawa dan Jalan Irian Barat. PKL di kedua lokasi itu sebenarnya juga sudah dibersihkan dari PKL. Namun, mereka kembali karena tidak setiap lokasi dijaga Satpol PP dan polisi.

Kepala Dinas Perhubungan Eddi mengatakan, akses jalan Kayoon melintasi Pasar Keputran seharusnya sudah bisa lancar. Sebab, akses jalan menuju jalan Dinoyo sudah terpasang lampu lalu lintas.

Namun, lapak PKL di Jalan Kayoon sisi selatan memenuhi pinggir jalan. Sebagian bongkar muat dilakukan di luar pasar. Akibatnya, arus lalu lintas di depan pasar terhalang.

Ritel Diupayakan Suplai Barang ke PKL
Editor: Erlangga Djumena
Jumat, 10 Desember 2010 | 16:02 WIB

Kementerian Perdagangan duduk bersama elemen pasar dan koperasi akan memberdayakan dan meningkatkan taraf ekonomi pedagang kecil dan kaki lima (PKL) di Indonesia.

Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, hari ini (10/12/2010), mengumpulkan para produsen, retailer (pengusaha pasar modern), dan koperasi, untuk menyatukan persepsi dalam mengimplementasikan program suplai barang-barang dagangan kepada para pedagang kecil dengan harga murah.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemedag, Subagyo, mengungkapkan pembahasan program kelancaran suplai produk dagangan harga murah untuk membantu para pedagang kecil menjadi pokok bahasan.

“Yang kita rapatkan tadi adalah program pemberdayaan pedagang kecil. Supaya pedagang kecil mendapatkan produk dagangan yang murah. Kalau mereka dapat barang murah, mereka untung. Ini program pemerintah, koperasi dan swasta. Tapi masih digodok. Diharapkan segera terealisasi,” jelasnya.

Ini bagus, imbuhnya, jika para pedagang mendapatkan barang dengan harga murah, dan dengan itu diharapkan bisa berkembang.

Lebih lanjut mengenai program ini, dirinya yakin, upaya bersama mendorong peningkatan perekonomian para pedagang kecil dapat berjalan. “Saya yakin program ini sangat bermamfaat bagi pedagang kecil, bila nanti terlaksana,” kata dia.

Seperti diterangkannya, rencananya Kemendag akan membuat pusat pelayanan untuk menyediakan logistik barang-barang dagangan.

Subagyo mengatakan, pedagang harus membeli produk yang dibutuhkan dari pusat pelayanan, bila ingin mendapatkan barang dagangan dengan harga murah.

Ritel
Carrefour Malaysia dan Singapura Batal Dijual
Editor: Erlangga Djumena
Jumat, 19 November 2010 | 07:57 WIB

Antrean calon pembeli Carrefour Asia Tenggara siap-siap gigit jari. Pasalnya, Carrefour SA, peritel terbesar kedua di dunia itu membatalkan rencana penjualan unit bisnis di Malaysia dan Singapura.

Pembatalan ini terkait dengan evaluasi strategis yang dilakukan perusahaan. "Perusahaan menakar, mempertahankan unit bisnis di Malaysia dan Singapura akan mendatangkan nilai tambah ketimbang menjualnya," ujar sumber Bloomberg yang dikutip KONTAN, Kamis (18/11/2010).

Di sisi lain, Senin lalu (15/11/2010) Carrefour menjual bisnis di Thailand kepada Big C, anak usaha Casino Guichard-Perrachon SA senilai 868 juta euro. "Nilai penjualan ini setara dengan 120 persen penjualan bersih dan 13 kali laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) Carrefour Thailand," ujar Patrice Lambert de Diesbach, Hubungan Investor Carrefour dalam rilisnya.

Menurut Patrice, penjualan unit bisnis Thailand ini terkait dengan strategi perusahaan untuk fokus di negara di mana Carrefour memimpin pasar. Dus, perusahaan bisa mengoptimalkan sumber daya manusia di tempat itu. Sayang, prospek pertumbuhan Carrefour di Thailand tidak memungkinkan induk usaha mengambil posisi sebagai pemimpin pasar dalam jangka waktu dekat hingga menengah.

Lalu di Thailand, Carrefour mengoperasikan 42 gerai. di mana 34 gerai di antaranya ialah hipermarket. Aset ini mendatangkan pendapatan 723 juta euro dan EBITDA 67 juta euro sepanjang setahun yang berakhir 30 Juni 2010. Ini menyebabkan Carrefour keluar sebagai peritel terbesar kelima di Thailand dengan pangsa pasar 6 persen.

Big C merupakan pemain terbesar kedua hipermarket di Thailand. Big C memiliki 69 hipermarket dengan penjualan 1,7 miliar euro sepanjang setahun yang berakhir 30 Juni 2010. "Transaksi ini diharapkan tuntas kuartal I-2011," tukas Patrice.

Sumber Bloomberg melanjutkan, sebetulnya penjualan unit bisnis di Thailand ini seiring dengan rencana perusahaan memfokuskan bisnis di China dan Amerika Latin. Di kedua wilayah itu, Carrefour menjadi pemimpin kedua terbesar di bisnis hipermarket dan supermarket. "Sebagian dana penjualan Carrefour di Thailand akan digunakan untuk mengembangkan bisnis di Malaysia," lanjut sumber tersebut.

Secara terpisah, Khair Mirza, analis Maybank Investment Bank Bhd mengatakan, valuasi bisnis Carrefour di Thailand, Malaysia, dan Singapura berbeda. "Nilai penjualan Carrefour Thailand itu setara dengan 13 kali EBITDA. Nah, nilai penjualan Carrefour di Malaysia dan Singapura tidak sebesar itu," lanjut Khair.

Empat orang yang tahu persis proses transaksi ini pernah mengatakan, nilai penjualan Carrefour di Singapura dan Malaysia sekitar 350 juta dollar AS sampai 400 juta dollar AS. Merujuk laporan keuangan Carrefour, di Malaysia perusahaan mengoperasikan 19 hipermarket. Tahun lalu, gerai di Malaysia mendatangkan pendapatan senilai Euro 329 juta. Adapun di Singapura, Carrefour memiliki dua gerai hipermarket yang memberikan kontribusi 85 juta euro terhadap total pendapatan perusahaan.

Khair juga melihat, pertumbuhan ekonomi di Malaysia dan Singapura tertolong oleh keberadaan raksasa ritel asal Prancis itu. Sebagian besar gerai hipermarket Carrefour di Malaysia berusia di bawah lima tahun. Berarti, ada peluang besar untuk mengembangkan laba bersih mereka di masa mendatang.

Secara terpisah, Fabio Fazzari, Analis Equita Sim mengatakan, bila nilai penawaran Carrefour di Malaysia dan Singapura terdilusi, maka masuk akal bila manajemen memutuskan membatalkan penjualan aset tersebut," kata Fabio. Dia juga tidak melihat akan ada dampak besar bagi Carrefour atau bisnis ritel secara umum atas pembatalan penjualan ini.

Lars Olofsson, Presiden Direktur Carrefour sebelumnya telah mengumumkan, perusahaan akan menyisihkan 2 miliar dollar AS dari laba bersih untuk dipakai untuk memperbaiki gerai hipermarket di Eropa selama dua tahun ke depan. Hipermarket merupakan format utama Carrefour di Eropa. Strategi ini dilakukan setelah pendapatan perusahaan stagnan. Hal ini disebabkan oleh konsumen memilih belanja perlengkapan atau produk kecantikan di toko spesial dekat rumah. Hingga kini Carrefour SA memiliki 3.062 supermarket dan hipermarket, serta 4.726 toko diskon.

Sayang, hingga kini Ashish Saboo, Direktur Pengembangan Bisnis Grup Para tidak merespons telepon dan pesan singkat KONTAN. Seperti diketahui, Grup Para termasuk salah satu calon pembeli Carrefour Malaysia dan Singapura. Shafie Shamsuddin, Presiden Direktur PT Carrefour Indonesia juga tak mengomentari pembatalan penjualan ini. "Saya masih rapat," ujarnya singkat.


Sosok
Wahyuni, dari Kaki Lima Jadi Juragan
Editor: Erlangga Djumena
Jumat, 24 September 2010 | 08:14 WIB

Tidak pernah terbayang di pikiran Wahyuni meraup omzet ratusan juta rupiah saat memulai usaha mainan edukatif. Maklum, dia mengawali usahanya dari kaki lima. Sekarang, perempuan berusia 33 tahun ini tak perlu lagi menjual langsung mainan buatannya. Ada banyak pedagang mainan yang membeli produknya untuk dijual kembali.

Perasaan bosan hanya menjadi ibu rumah tangga merupakan alasan awal Wahyuni, atau yang kerap dipanggil Yuni, memulai usaha berjualan mainan anak. Tahun 2007, dia mulai membeli mainan edukatif asal China.

Kemudian, dia menjualnya kembali ke sebuah pasar kaget di Bogor, Jawa Barat. Pasar kaget setiap akhir pekan itu selalu menjadi tempat langganannya untuk usaha. Terbukti, barang dagangannya laris manis. Karena itu, ia mulai menjajaki pasar yang lebih luas dengan mengikuti sejumlah pameran, termasuk membuka satu toko mainan di Giant Mal Bogor.

Keberadaan toko ini tentu membutuhkan pasokan barang yang rutin agar usahanya terus berputar dan bisa membayar uang sewa toko. Namun, Yuni sangat kesulitan mendapatkan pasokan mainan secara rutin. "Barang impor sering kosong. Yang lokal juga kelebihan order," imbuhnya.

Setelah setahun menjalani bisnis mainan edukatif dengan menggantungkan pasokan barangnya dari luar, Yuni membuat sendiri barang-barang tersebut. Kebetulan, saat berjualan di kaki lima, dia bertetangga dengan tukang pembuat mainan. "Awalnya, kami buka di garasi dengan modal sekitar Rp 5 juta," tutur Yuni.

Dengan merek dagang bertajuk Omocha, yang artinya mainan dalam bahasa Jepang, dia membeli dua mesin pembuat mainan. Mereka juga mendirikan usaha bernama CV Omocha Toys.

Karena belum bisa membuat desain sendiri, Yuni pertama kali hanya mencontoh produk-produk impor yang sudah ada. Setelah itu, dia mulai melakukan modifikasi. "Saat ini kami ada tim kreatif sendiri supaya pasar tidak bosan," ujarnya.

Usaha mainan Yuni terus berkembang. Garasi rumahnya sudah terlalu sempit untuk menampung aktivitas usahanya, apalagi debu-debu kayu turut beterbangan ke dalam rumahnya.

Maka dari itu, Yuni pun memindahkan bengkel kerjanya ke lahan yang lebih luas. Di belakang kompleks perumahannya, dia membeli lahan kosong seluas 100 meter persegi dan mendirikan bangunan semipermanen. Ia juga merogoh kocek Rp 80 juta untuk membeli peralatan dan mesin pembuat mainan.

Usahanya sebagai produsen mainan edukatif semakin berkibar. Selain dijual langsung, banyak pedagang yang membeli produknya untuk dijual kembali. Ibu tiga anak ini memperkirakan ada ratusan pedagang dari seluruh Indonesia yang menjadi langganannya. "Paling banyak di Pulau Jawa," katanya.

Produksi Omocha tiap minggu mencapai 1.000 hingga 1.500 puzzle dan ratusan mainan lainnya. Ia dibantu 30 karyawan memproduksi semua mainan Omocha.

Dari produksi itu, CV Omocha Toys bisa mencetak omzet Rp 80 juta hingga Rp 100 juta per bulan. "Kalau pas ada proyek, bisa sampai Rp 200 juta," kata Yuni. Proyek tersebut berasal dari berbagai kalangan, seperti Kementerian Pendidikan, perusahaan, hingga suvenir pernikahan.

Yuni bersedia menerima order suvenir lantaran bahan bakunya juga berasal dari kayu. Tak hanya itu, Yuni juga menerima order pembuatan boneka kayu. "Padahal, saya biasanya tidak membuat boneka," katanya.

Order ini datang dari restoran-restoran untuk hadiah dengan jumlah pembelian tertentu. Begitu juga order dari produsen pakaian yang memberi hadiah puzzle kepada pelanggannya.

Pendapatan yang terus membesar membuat Yuni berpikir mengembangkan usahanya, terutama meningkatkan kemampuan workshop-nya supaya bisa memproduksi mainan lebih banyak. Ia membandingkan, saat ini produsen mainan China bisa memproduksi 1.000 mainan sehari dengan mesin yang lebih canggih. Sementara itu, dia hanya bisa memproduksi 200 mainan per hari.

24 komentar:

Shawn Antonio M.D mengatakan...

Moshi Moshi,
Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda ingin menjadi stabil secara finansial? Atau apakah Anda ingin mengembangkan bisnis Anda? Kami menawarkan kredit korporasi, kredit mobil, pinjaman usaha, dan pinjaman pribadi pada tingkat bunga 2%, tidak terlihat lanjut SUN PINJAMAN DAN PAJAK ADALAH MANA ANDA PERLU. Penawaran ini terbuka untuk semua orang yang akan diandalkan untuk membayar kembali tepat waktu kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan untuk penerima di bagian manapun di dunia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: sunloanandtaxcompany@gmail.com

Anonim mengatakan...

halo juga
Saya Jennifer Dawson Managing Director (MD) dari Jennifer Dawson Kantor Pinjaman, kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena nilai kredit yang rendah, pinjaman usaha , pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, kredit perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau Anda telah scammed sebelumnya oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, Jennifer Dawson Pinjaman Firm, sebuah perusahaan pinjaman yang handal, yang menyediakan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan loans.So menghubungi kami hari ini melalui email di jenniferdawsonloanfirm@gmail.com
banyak cinta
Ibu Jennifer

Unknown mengatakan...

Halo, saya Mrs susanne Lani, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email Hubungi kami melalui

Email: susanne.loancompany@gmail.com Terima kasih, kami berharap untuk prompt reply.

Masuk Mrs susanne Lani Email: susanne.loancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan bisnis pinjaman, dan segala macam suku bunga kredit dari 2% .HURRAY, Hal ini hampir akhir tahun ini, dan kami JoyceRolandLoanCompany, kami menjamin semua pelanggan berharga kami bahwa mereka akan menerima semua setiap pinjaman dan pada tahun baru ini dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui e-mail joycerolandloancompany@gmail.com


Informasi Peminjam:

Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Jenis Kelamin: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: _______
Panjang Pinjaman: ____________
Pinjaman Tujuan: _____________
Nomor Cell Phone: ________
Mengerti bahasa Inggris: ________

JoyceRolandLoanCompany

Unknown mengatakan...

halo
Saya Ibu ISABELLA, pemberi pinjaman pinjaman pribadi, saya meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari bank karena skor rendah kredit, pinjaman usaha, pinjaman pendidikan, kredit mobil, kredit rumah, kredit perusahaan dan banyak lagi, atau Anda ingin membayar utang atau biaya, atau sebelumnya Anda telah scammed oleh pemberi pinjaman uang palsu? Selamat Anda sekarang berada di tempat yang tepat, dengan ISABELLA MORGAN KREDIT LAYANAN, layanan pinjaman handal, yang menyediakan pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami datang untuk mengakhiri semua masalah. kita menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan rahasia dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: isabellamorganloanservice@gmail.com
.Kami Di sini untuk melayani Anda lebih baik !!

Unknown mengatakan...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kredit palsu lender di sini di internet dan beberapa dari mereka adalah asli, saya pernah tertipu dan ditipu di sini online sebelum seorang teman yang mendapat pinjaman baru menghubungkan saya dengan seorang wanita bernama Ibu Glory yang merupakan CEO dari Glory Badan Kredit. Jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman 500 juta dengan tingkat bunga rendah dari 2%, tidak ada jaminan, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu mimpi datang melalui, jumlah pinjaman saya 500 juta dikreditkan di rekening bank saya hanya dalam selang waktu dua jam. Jadi saya ingin saran mereka sedang mencari untuk pinjaman di sini secara online harus berlaku untuk perusahaan asli, cepat hubungi sekarang email: di gloryloanfirm@mail.com. dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di dewiputeri9@gmail.com untuk info lebih lanjut.

Widya Okta mengatakan...

Saya sangat senang dan memutuskan untuk berbagi kebahagiaan saya dengan Anda semua, saya dan keluarga saya telah diberkati oleh Tuhan menggunakan Sandra Ovia Loan Firm, saya mengajukan pinjaman satu minggu lalu dan saya mendapat pinjaman disetujui Jumat lalu dan hari ini saya punya saya pinjaman senilai Rp900,000,000.00 ditransfer ke rekening bank saya, saya sarankan Sandra Ovia Pinjaman Firm sebagai yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka ke depan, Amin
Jika Anda membutuhkan saran tentang bagaimana saya pergi melalui dengan itu, saya wil senang untuk menempatkan Anda melalui, Anda dapat menghubungi saya melalui Email-widyaokta750@gmail.com
Anda dapat menghubungi firm pinjaman langsung pada mereka
Email-sandraovialoanfirm@gmail.com
Terima kasih
Widya Okta

Lady Mia mengatakan...

Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Susanti mengatakan...

Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan . Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu sebesar $ 5.500 USD, saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari online pemberi pinjaman yang legit di kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami membicarakan hal itu dan kesimpulan kami bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs Rebecca Williams yang merupakan Pendiri / CEO RebeccaWilliamsLoanFirm. Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman dari ($ 35.000) dengan tingkat bunga rendah, itu mudah disetujui tanpa stres dan persiapan dibuat untuk transfer dana pinjaman saya ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari dua (2) hari dan pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah $ 35.000. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman kredit nyata saya dengan saya yang mampu memberikan keinginan hati saya. Banyak terima kasih kepada Ibu Rebecca Williams untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik dalam mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ibu Rebecca Williams melalui e-mail rebeccawilliamsloanfirm@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda.
Jadi terima kasih banyak karena Anda telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Aku bernama Susanti, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih arahan melalui email saya: susantiutamij@gmail.com. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Apakah Anda lelah menjadi kecewa, mencari bantuan, Anda mencari pinjaman nyata? Nama saya Hellene Spencer. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr Daniel Blake, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan pinjaman usaha kredit buruk, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: hellenspencerloanfirm@gmail.com

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

happy kingsley mengatakan...

Kami membuat semua jenis pinjaman dengan diskon yang sangat rendah. Anda dapat menghubungi kami untuk syarat dan ketentuan kami, dan mengisi formulir di bawah ini:
Jenis kelamin:
Nama:
Usia:
Pendudukan:
Pendapatan bulanan:
Jumlah pinjaman:
Pinjaman Durasi:
Pinjaman Gunakan:
Nomor telepon:
Agama:
Status pernikahan:
Alat identifikasi (scan copy):
Paspor foto terbaru (scan copy):

hubungi saya dengan happykingsloanarena@gmail.com
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
 
Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Widya Okta mengatakan...

Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Herman Kamil mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb,

Jika bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

Wassalamu alaikum wr wb.

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Credit Financial Group mengatakan...

“Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
BBM INVITES: {DDA46523}


Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
BBM INVITES: {DDA46523}

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

RIKA NADIA mengatakan...

Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

Siti Aminah mengatakan...

Halo,
nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.